Dari Penataan RTH dan Pendidikan, Aten Yakin Hunggaluwa Bisa Maju

Bagikan dengan:
Wartawan: Vita Pakai~
Editor: AMS

DM1.CO.ID, GORONTALO: Penataan lingkungan adalah rangkaian kegiatan menata kawasan tertentu agar bermanfaat secara optimal berdasarkan ketentuan dalam rencana tata ruang wilayah.

Banyak manfaat yang akan didapatkan apabila kondisi lingkungan ditata dan dipelihara dengan baik sesuai dengan peran dan fungsinya.

Dan salah satu tujuan dari penataan lingkungan, adalah agar terciptanya kelestarian mutu lingkungan dan kesejahteraan makhluk hidup. Dan pastinya, keindahan lingkungan akan berpengaruh baik terhadap kondisi mental seseorang.

Hal tersebut diuraikan Aten T. Pakaya, SE selaku Lurah Hunggaluwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, saat bincang-bincang dengan awak media DM1, awal Februari 2018 lalu.

Aten menjelaskan, bahwa dari beberapa program kerja yang dicanangkan, selain membantu pemerintah dalam bidang pemerintahan, ekonomi dan pembangunan dalam hal meningkatkan pelunasan pajak, pihaknya juga akan menjalankan program penataan lingkungan dengan serius.

Sebab, kata Aten, dari rencana program penataan lingkungan ini bisa dibangun lahan atau Ruang Terbuka Hijau (RTH), bersih dan sehat guna menunjang kegiatan-kegiatan masyarakat di Kelurahan Hunggaluwa menuju terwujudnya masyarakat adil, nyaman dan sejahtera.

Sebagai salah satu Lurah yang dipilih langsung baru-baru ini oleh Bupati Kabupaten Gorontalo, tentulah Aten diamanatkan membantu pemerintah daerah dalam memimpin 7.446 jiwa masyarakat Kelurahan Hunggaluwa yang terdiri dari nelayan, petani dan pedagang itu.

“Selain berupaya untuk melakukan penataan lingkungan agar tercipta masyarakat nyaman dan sejahtera, masih ada kebutuhan mendesak yang seharusnya menjadi perhatian, bukan hanya di Kelurahan Hunggaluwa, tetapi juga di kelurahan lainnya yang ada di Kabupaten Gorontalo, yaitu penyaluran bantuan kepada masyarakat yang belum merata,” terang Aten.

Dijelaskannya, sejauh ini masih banyak masyarakat kecil lainnya yang belum tersentuh karena penyaluran bantuan kepada masyarakat masih berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT). “Namun faktanya, data tersebut belum mencakup seluruh masyarakat miskin di Kabupaten Gorontalo,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Aten mengaku akan terus berupaya agar masyarakat Kelurahan Hunggaluwa juga bisa sejahtera dengan memberikan motivasi yang tepat. Misalnya, dengan melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar bagaimana usaha mereka bisa berkembang dengan tidak mengandalkan bantuan-bantuan pemerintah secara terus-menerus.

Selain itu, Aten juga menyatakan, bahwa apabila kesejahteraan masyarakat Hunggaluwa juga bisa diraih apabila pembangunan di bidang pendidikan bisa diprioritaskan.

“Jika tingkat pendidikan masyarakat meningkat, maka tentunya masyarakat bisa maju, salah satunya mereka bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan,” pungkas Aten. (vit/dm1b)

Komentar anda :
Bagikan dengan: