BSG Cabang Suwawa Apresiasi Kinerja Positif Pemkab Bone Bolango Melalui ETPD

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango saat ini telah memperlihatkan kinerja positif di bidang pengelolaan keuangan daerah.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kasmir Abd. Hamid selaku Pempinan Bank SulutGo (BSG) Cabang Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, melalui rilisnya ke meja redaksi DM1, pada Ahad (28/11/2021).

Kinerja positif di bidang pengelolaan keuangan daerah yang dimaksud Kasmir, yakni Pemkab Bone Bolango telah mengimplementasikan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Kasmir menjelaskan, ETPD adalah suatu upaya untuk mengubah transaksi pengeluaran dan penerimaan pemerintah daerah dari tunai menjadi non tunai, yaitu dengan melalui berbagai instrumen dan kanal pembayaran elektronik untuk mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transparansi tata kelola keuangan pemerintah daerah melalui infrastruktur yang aman dan handal.

Elektronifikasi transaksi pemerintah, kata Kasmir, bertujuan untuk mewujudkan perluasan masyarakat yang bertransaksi tanpa uang tunai (Less Cash Society) dan keuangan inklusif melalui peningkatan akses keuangan untuk layanan transaksi non-tunai.

Kasmir mengaku sepakat dengan statement Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang mengatakan bahwa penerapan ETPD diharapkan akan memperbaiki pengelolaan keuangan Pemda menjadi lebih efisien, transparan, serta akuntabel, hingga pada akhirnya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dan saya pimpinan BSG Cabang Suwawa sangat mengapresiasi kinerja Pemda Kebupaten Bone Bolango terkait elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah (ETPD),” ujar Kasmir.

Terbukti, urai Kasmir, 2017 Bank SulutGo telah mengimplementasi transaksi non-tunai untuk belanja daerah. Kemudian 2018 berkembang dengan penggunaan aplikasi Kas Daerah (Kasda) Online. “lalu pada 2019 diikembangkan lagi dengan aplikasi Kasda desa,” kata Kasmir.

“Dan pada 2020 sampai dengan saat ini, sistem kami telah terintegrasi dengan sistem penerimaan pendapatan pemerintah daerah,” sambung Kasmir seraya menambahkan, bahwa Bone Bolango adalah daerah kabupaten yang kreatif dan inovatif di tanah Gorontalo. (nto-adv/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

467 views

Next Post

Pj Bupati Koltim Dikabarkan akan Turun Tangan Sikapi Konflik Oknum Inspektorat Vs Kades Atolanu

Sen Nov 29 , 2021
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Konflik yang tengah mencuat dan menghangat antara oknum Inspektorat Kolaka Timur (Koltim) dengan Kepala Desa (Kades) Atolanu, terinformasi sudah sampai ke telinga Penjabat (Pj) Bupati Koltim, Sulwan Abunawas. Komentar anda :