Baru 2 Tahun Menjabat, Inilah Segudang Deretan Penghargaan Bupati Nelson Pomalingo

Bagikan dengan:
Editor : Vita Pakai |

DM1.CO.ID, GORONTALO: Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. H Nelson Pomalingo, M.Pd merupakan sosok pemimpin yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam membangun serta memajukan daerah. Meskipun baru 2 tahun memimpin Kabupaten Gorontalo, namun segudang prestasi gemilang telah diraih. 

Berikut ini sejumlah prestasi/penghargaan yang telah diraih oleh Kabupaten Gorontalo selama dipimpin Bupati Nelson Pomalingo sejak tahun 2016 hingga saat ini, Mei 2018.

  1. Terima Penghargaan Dari PNKT

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menerima penghargaan dari Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT) bersama tujuh orang Gubernur dan 35 Bupati dan Wali Kota se Indonesia di Palembang, Sumatera Barat.

  1. Raih Penghargaan Anugerah Dana Rakca 2016

Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, meraih penghargaan Anugerah Dana Rakca 2016 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), karena dianggap berkinerja baik dalam pengelolaan keuangan daerah.

  1. Raih Penghargaan Parahita Ekapraya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise di Jakarta. Bupati Nelson Pomalingo mendapatkan penghargaan dari Presiden RI yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Penghargaan ini terkait prestasi Pemerintah Kabupaten Gorontalo atas penyelenggaraan Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi (MP-TGR).

  1. Terima Penghargaan dari PR Indonesia, sebagai Indonesia Best Comunicators 2017 untuk kategori Bupati

Pemerintah Kabupaten Gorontalo menerima penghargaan dari PR Indonesia, salah satu majalah nasional sebagai Indonesia Best Comunicators 2017 untuk kategori Bupati. Penghargaan ini diserahkan oleh Komisaris Utama PR Indonesia di Hotel Grand Kaisha Jokyakarta yang diterima oleh Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Gorontalo, Rachmad Mohamad.

  1. Raih Penghargaan 99 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2017

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menerima penghargaan Top 99 Inovasi layanan publik tahun 2017 atas inovasi MP-TGR. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur pada acara penutupan gelar pameran dan simposium pelayanan publik Jawa Timur tahun 2017, di Gelora Joko Samudro Kabupaten Gresik

  1. Terima Penghargaan dari BPK RI

Penghargaan dari BPK RI ini terkait opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) T.A 2016 setelah pada tahun sebelumnya juga menerima penghargaan terhadap opini WTP terbaik se Provinsi Gorontalo (WTP Plus) pada LKPD T.A 2015.

  1. Terima Penghargaan Dari Aptisi

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo terima penghargaan dari Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), atas kiprahnya dalam memberikan perhatian yang besar pada perguruan tinggi swasta (PTS).

  1. Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2017 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

  1. Penghargaan Treasury Award untuk kategori Pemerintah Daerah Dengan Pelaporan Keuangan Terbaik Tahun Anggaran 2016

Pemerintah Kabupaten Gorontalo meraih penghargaan Treasury Award untuk kategori Pemerintah Daerah Dengan Pelaporan Keuangan Terbaik Tahun Anggaran 2016 dari Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo.

  1. Terima Penghargaan “Paramesti” dari Kementrian Kesehatan RI

Sukses menerapkan peraturan Bupati (Perbup) tentang kawasan tanpa rokok (KTR) , Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo terima penghargaan “Paramesti” dari Kementrian Kesehatan RI. Penghargaan tersebut diserahkan oleh direktur Jendral Pencegahan dan pengendalian penyakit Dr.Mohamad Subuh, MPPM pada pertemuan aliansi Bupati & Walikota peduli KTR dan pengendalian Penyakit tidak menular (PTM), di Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Raih Peringkat ke-2 Regional Se-Sulawesi Kategori Transparansi pengelolaan keuangan daerah terbaik

Pemerintah Kabupaten Gorontalo dibawah kepemimpinan Bupati Prof. Nelson Pomalingo,  kembali mengukir prestasi. Setelah mempertahankan WTP Ke-7 yang merupakan bentuk pernyataan sikap dari pihak BPK-RI selaku pemeriksa atas pertanggungjawaban pemerintah daerah dalam pengelolaan dana publik ,Hari ini oleh Prodi Magister Akuntansi FEB UGM , Kabupaten  Gorontalo dinobatkan sebagai peringkat ke-2 Regional Se-Sulawesi Kategori Transparansi pengelolaan keuangan daerah terbaik

Penghargaan Indeks transparansi terbaik tersebut diterima langsung oleh Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo yang saat itu diserahkan Langsung Rektor Universitas Gadjah Mada di Gedung Graha Sabha Pramana UGM.

  1. Terima penghargaan dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia atas Komitmen Kerjasama dan berjasa  dalam membangun Kepolisian Negara RI

Komitmen Kerjasama dan berjasa  dalam membangun kepolisian Negara Republik Indonesia dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana sekolah polisi Negara (SPN) Polda Gorontalo di Kecamatan Batudaa Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo mendapat penghargaan dari Kepala kepolisian Negara Republik Indonesia H.Muhammad Tito Karnavian.

  1. Raih Penghargaan LPPD 2016 Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI

Langkah cepat pemerintah daerah dalam pembangunan di Kabupaten Gorontalo rupanya tidak sia-sia. Prestasi kerja terbukti melalui sejumlah penghargaan di berbagai bidang. Kali ini, pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo menerima penghargaan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI,  Tjahjo Kumolo atas prestasi kinerja ‘sangat tinggi’ dalam penyelengaraan pemerintahan daerah berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2016, bertempat di Sultan hotel – Jakarta, Jl.Gatot Subroto.

  1. Penerima penghargaan mengenai Top BUMD

BUMD Kabupaten Gorontalo dinilai masuk dalam kategori baik.  Penilaian ini dari Majalah Business News Indonesia, bekerjasama dengan Asia Business Research Center, serta beberapa lembaga Tim Penilai seperti SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman dan Associate, Harvard-Intellectual Business Community, dan Alvara Strategi Indonesia. Penilaian tersebut sebelumnya sudah diseleksi dari lebih 2.000-an BUMD di seluruh Indonesia.

[vit/dm1]

 

 

 

 

 

 

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up