BREAKING NEWS
| Terkait Dugaan Korupsi GORR, Kejati Gorontalo Dalami Keterlibatan Gubernur Rusli? | Geger, Sejumlah WNI Tionghoa Sekap dan Aniaya Anggota TNI-AU di Medan | Mengaku Tobat, Sejumlah Kelompok Relawan Jokowi Bertekad Menangkan Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 | Bendera “Agustusan” Dicopot Pengelola Apartemen Kalibata City, Warga Protes | Rakernas GSI, Ratna Sarumpaet: Kita Harus Jadi Provokator Terbaik untuk Perubahan

Abdulrachim: CNN Hero adalah Pejuang Kemanusiaan, Ahok Penjahat Kemanusiaan

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, JAKARTA: Sudah satu dekade, CNN, selaku kantor berita televisi yang akhirnya juga merambah dunia berita online, dan sudah beroperasi di Indonesia, setiap tahun mengadakan pemilihan Pahlawan CNN (CNN Heroes).

CNN Heroes ialah sebuah penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang sangat menonjol prestasinya, terutama di bidang kemanusiaan, membantu yang lemah,yang mempunyai cacat tubuh, yang terkena kanker, yang tidak mampu sekolah, yang tidak mampu mendapatkan sayur dan buah segar dan lain-lain, — yang selama ini belum dikenal masyarakat luas secara internasional.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang aktivis, Abdulrachim, dalam sebuah artikel yang ditulisnya berjudul : “Langkah Putus Asa Pihak Ahok: Mencalonkannya Jadi CNN Hero”.

Abdulrachim menyebutkan bahwa penghargaan CNN Heroes bisa diberikan kepada semua kalangan. Dia bisa seorang veteran perang yang kehilangan sebelah kakinya yang membantu cacat veteran lainnya untuk membangun rumah.

Bisa seorang wanita yang menanam sayur dan buah bagi masyarakat di lingkungannya yang tidak mampu mendapatkan sayur dan buah segar . Bisa seorang pilot (dari Indonesia , Budi Soehardi) yang menggunakan tabungannya untuk membuat rumah penampungan bagi anak-anak pengungsi Timor Timur yang terlantar, memberinya makan, naungan dan pendidikan.

Bisa seorang sopir bus sekolah yang setiap malam memberikan makan bagi para pengangguran. Dan sopir tersebut sejak 2004 hingga 2009 telah memberi makan 70.000 orang secara gratis (dia CNN Hero 2009).

Bisa juga seorang warga AS yang tinggal di Irak memberikan kursi roda gratis kepada anak-anak Irak yang membutuhkannya, dan dari tahun 2005 sampai 2009 telah membagikan 650 kursi roda (dia CNN Hero 2009).

Demikianlah seterusnya, semua CNN Hero selalu memulai kegiatannya dengan uangnya sendiri walaupun kemudian mendapatkan bantuan dari masyarakat.

Semua CNN Hero, kata Abdulrachim, adalah warganegara biasa, bukan pejabat yang bisa menggunakan anggaran jabatannya untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan dan kemudian mengklaimnya sebagai prestasi besar pribadinya dalam membantu masyarakat .

CNN Hero diseleksi dari seluruh dunia oleh tim seleksi yang dibentuk oleh CNN. Dan calonnya bisa diajukan oleh siapa saja kepada CNN, dan salah satu tahapannya kemudian dipilih melalui polling yang terbuka kepada masyarakat internasional.

Abdulrachim kemudian tertarik menulis artikel seputar CNN Herioes ini, sebab beberapa hari yang lalu beredar luas di medsos ada seorang pendukung Ahok (kemungkinan besar timsesnya) yang berkampanye mengajak masyarakat luas agar mencalonkan Ahok menjadi salah satu calon CNN Hero untuk 2017.

Tentu saja, menurut Abdulrachim, hal itu adalah sebuah lelucon yang sangat menggelitik bagi yang mengerti apa itu CNN Heroes.

CNN Hero itu, kata Abdulrachim, adalah pejuang kemanusiaan. Mereka adalah orang-orang yang mempunyai empati yang sangat besar kepada masyarakat yang mempunyai kesulitan hidup, dan mereka bekerja keras secara pribadi, mengorbankan waktu, pikiran, tenaga, dan uang pribadinya, bukan uang yang berasal dari negara karena jabatannya.

Tetapi Ahok, kata Abdulrachim, dalam kasus penggusuran di banyak tempat, antara lain di Kampung Aquarium, Pasar Ikan, Bukit Duri dan lain-lain dengan kejamnya telah mengusir ribuan penduduk yang sudah bermukim puluhan tahun, tanpa ganti rugi sepeserpun.

Penduduk yang tadinya memiliki rumah dan pendapatan yang bisa mencukupi hidupnya, dipindahkan ke Rusunawa menjadi hanya sewa rumah. Pendapatan mereka mengecil, sehingga tidak mampu bayar sewa rumah, bayar air dan listrik, hingga akhirnya mereka terancam akan diusir kembali dari Rusunawa.

Padahal, kata Abdulrachim, banyak di antara warga yang diusir itu mempunyai surat tanah bahkan ada yang sudah turun-temurun dari sejak zaman Belanda (verponding) dan membayar PBB tiap tahun. Jadi, menurut Abdulrachim, Ahok ini bukan hanya tidak mempunyai empati kepada masyarakat, tetapi juga sangat kejam dan melakukan kejahatan kemanusiaan.

Demikian juga dalam hal reklamasi pulau G, kata Abdulrachim, selain mengganggu dan merugikan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap Muara Karang dan lainnya, Ahok juga merencanakan mengusir nelayan Muara Angke dan memindahkannya ke Kepulauan Seribu yang jauh dari pasar ikan tempat menjual hasil tangkapan ikan dari para nelayan. Sehingga akan mematikan kehidupan para nelayan. Dan, lagi-lagi itu adalah sebuah kejahatan kemanusiaan.

Menurut Abdulrachim, Ahok juga melakukan pelanggaran-pelanggaran hukum. Di antaranya melakukan kebijakan (diskresi ) dana offbudget dalam membangun Rusunawa dan lain sebagainya.

“Artinya Ahok menekan pengembang reklamasi agar membangunkan Rusunawa dan lain-lain dengan memakai uang pengembang sendiri bukan memakai uang APBD. Pengembang dijanjikan oleh Ahok, pengeluarannya itu nantinya akan diperhitungkan dengan kewajiban pengembang untuk membayar kontribusi tambahan sebesar 15 persen dari NJOP pulau reklamasi yang akan diatur oleh Perda DKI. Padahal Perda DKI-nya belum ada dan pembahasannya dengan DPRD DKI macet, berhenti, dan sampai sekarang tidak jelas,” tulis Abdulrachim.

Disebutkannya, Ariesman Wijaya mantan Dirut anak perusahaan Agung Podomoro yang tertangkap tangan mau menyuap Sanusi (Ketua Komisi D DPRD DKI) dalam kesaksiannya di persidangan Pengadilan Tipikor, Sanusi mengatakan, bahwa pengembang telah mengeluarkan Rp.1,6 Trilyun untuk membangun Rusunawa dan lain-lain.

“Kebijakan atau diskresi Ahok soal dana offbudget ini jelas melanggar UU Perbendaharaan Negara dan sebagainya yang termasuk penyalahgunaan wewenang dalam UU Tindak Pidana Korupsi. Ketua KPK Agus Rahardjo sudah mengetahui hal ini dan berjanji untuk mendalaminya,” kata Abdulrachim.

Dari uraian di atas, menurut Abdulrachim, ini jelas sangat lucu bila ada yang mengusulkan Ahok menjadi calon CNN Hero, walaupun baru usulan, walaupun baru calon, akan memanipulasi citra Ahok yang sebenarnya sangat bertentangan dengan karakter para CNN Hero terdahulu.

CNN Hero, kata Abdulrachim lagi, adalah pejuang kemanusiaan, Ahok penjahat kemanusiaan. CNN Hero berbuat baik kepada yang lemah selalu memulai dengan uangnya sendiri, Ahok berbuat baik kepada masyarakat selalu dengan menggunakan uang kas Daerah DKI kemudian digunakan sebagai kampanye untuk membangun citra baik dirinya.

Abdulrachim menegaskan, bahwa CNN Hero orang baik-baik, sama sekali bukan pelanggar hukum. Ahok melanggar UU Perbendaharaan Negara dan UU Tindak Pidana Korupsi. CNN Hero selalu orang baik, termasuk tutur katanya, sedangkan lisan Ahok sangat kotor serta kasar dan sangat tidak layak jadi contoh apalagi untuk ditiru.

(ams/DM1)
Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up