Posisi Sekda Boalemo, Yakop Yusuf Musa Dinilai Layak

Wartawan : Kisman Abu Bakar~
Editor : Brigfly C.T

DM1.CO.ID, BOALEMO: Saat ini, kursi atau posisi Sekretaris Daerah (Sekda) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo belum diisi oleh seorang pejabat secara definitif. Proses pendaftaran untuk memperebutkan posisi yang sangat strategis itupun saat ini sedang dibuka untuk diperebutkan oleh sejumlah pejabat.

Dan dari beberapa pejabat yang ada, baik yang belum ataupun yang sudah memasukkan berkas, terdapat sosok pejabat yang disebut-sebut layak dan bahkan mendapat aspirasi dari sejumlah pihak untuk dapat menduduki posisi sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo. Yaitu, Yakop Yusuf Musa, S.Sos, MM.

Untuk itu, Yakop pun saat  ini telah memasukan berkas dan menyatakan siap untuk bersaing menuju kursi Sekretaris Daerah. Satu-satunya alasan yang membuat Yakop terpanggil untuk menduduki jabatan tersebut adalah ingin berbuat dan mempersembahkan yang terbaik untuk kemajuan Kabupaten Boalemo di bawah kepemimpinan Bupati H. Darwis Moridu dan Wakil Bupati H. Anas Yusuf.

Yakop yang saat ini sedang menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Boalemo, memang adalah salah satu nama dari deretan para pejabat eselon II yang ada di lingkungan Pemkab Boalemo yang dinilai termasuk calon kuat di bursa pencalonan Sekretaris Daerah yang dibuka oleh Pemkab Boalemo.

Disebut calon kuat, karena Yakop Musa adalah sosok pejabat yang tidak asing lagi di kalangan ASN di Boalemo.

Sebelum menjabat Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Yakop Musa pernah dipercayakan menjabat sejumlah posisi di lingkungan Pemkab Boalemo. Bahkan sudah mengikuti PIM-II semenjak tahun 2013. Karena itu, Yakop Musa telah memenuhi syarat dan kriteria yang sudah ditentukan.

Tidak sedikit pihak yang mengaku bahwa kemampuan Yakop Musa tidak perlu diragukan lagi. Karena sepanjang karirnya di birokrasi, Yakop pernah menjabat sebagai Kepala BNNK Boalemo, bahkan dua kali sebagai Sekretaris Dewan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Energi Sumber Daya Mineral (DPM-ESDM).

Sosok Yakop Musa sendiri merupakan salah satu figur pemimpin yang paling kreatif dan inovatif serta tegas dalam melaksanakan tugasnya. Di balik semua itu, Yakop Musa sangat menginginkan keindahan dan kebersihan. Dan semuanya telah dibuktikan, karena setiap kantor yang ia nakhodai pasti tertata indah dan bersih.

“Nantinya, kalau saya berpeluang memimpin posisi Sekretaris Daerah, saya akan menerapkan inovasi ini di semua lintas sektorat, agar semua ASN bekerja nyaman dan bisa melayani warga dengan baik. Kalau lingkungan bersih dan indah, pekerjaan akan lebih lancar,” ucap Yakop Musa dengan senyum khasnya. (Kab/DM1)

Komentar anda :

Muis Syam

2.185 views

Next Post

Menempuh Jalan Sukarno, Rizal Ramli Capres Rakyat

Sel Mar 6 , 2018
Oleh: Arief Gunawan WAKTU diasingkan ke Bengkulu Bung Karno punya murid orang Belanda yang berguru kepadanya untuk belajar bahasa Jawa. Namanya Jaap Kruisweg. Ia sering membaca buku-buku di bibliotik milik Bung Karno. Karena penasaran melihat banyaknya buku di bibliotik itu menantu Residen Bengkulu yang juga mahasiswa Universitas Leiden yang sedang […]