Desa Momala Alihkan 60% Dana Desa untuk Pembangunan Infrastruktur

Bagikan dengan:
Wartawan: Indri Arsyad~Anton Busura
Editor: Avi|

DM1.CO.ID, GORONTALO: Sesuai Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dengan ruang lingkup kewenangan desa dan dalam rangka mengoptimalkan penggunaan dana desa. Maka sampai dengan Selasa (07/08/2018), penggunaan dana desa di Desa Momala, Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo, sudah 60% direalisasikan ke program infrastruktur desa.

Kasmat Hida selaku Kades Momala kepada awak DM1 mengatakan, “untuk dana dua puluh persen yang telah dikucurkan oleh pemerintah daerah, kemarin sudah kita alihkan ke infrastruktur desa. Dimana dana dua puluh persen itu untuk program pekerjaan rumah sehat, plat deker, dan sebagainya,” jelas Kasmat.

Kasmat Hida juga mengungkapkan, terdapat 40 persen anggaran telah digunakan di Desa Momala untuk pembangunan infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat. “Alhamdulillah, semua program yang kita kerjakan itu bisa berjalan lancar dan sesuai dengan mekanisme yang ada,” tutur Kasmat.

Adapun program infrastruktur Desa Momala yang telah selesai dikerjakan, ungkap Kasmat, yakni satu unit rumah sehat, satu unit plat deker, 100 meter rabat beton, 100 meter saluran, satu paket embung desa, dan dua unit PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

Selain program infrastruktur yang telah sukses dikerjakan, lanjut Kasmat, ada juga program infrastruktur yang sedang dalam tahap pelaksanaan, yaitu Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

Kasmat pun berharap agar ke depannya Pemda dapat lebih meningkatkan lagi dana desa, sehingga program pembangunan desa dapat berkembang dengan baik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat di tahun-tahun yang akan datang. (dri-ton/avi/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up