Dari Musrenbang Kabila Bone, Camat Dahlan: Semoga Semua Usulan Dapat Dianggarkan

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Pemerintah Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (19/2/2020), menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), di Aula Kantor Kecamatan Kabila Bone.

Musyawarah tersebut menjadi ajang bagi para kepala desa se-Kecamatan Kabila Bone untuk menumpahkan segala aspirasi dari masyarakat desa mereka,  guna pembangunan desa masing-masing.

Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) ini nampak berlangsung alot, sebab selain diikuti sejumlah kepala desa baru dari hasil Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) se-Kabupaten Bone Bolango  belum lama ini, juga dihadiri sejumlah Anggota DPRD Bone Bolango dari Dapil Bone Pesisir Cs, pihak kepolisian setempat,  serta perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) se-Kabupaten Bone Bolango.

Tidak semua OPD dapat hadir sesuai undangan yang diedar, dan Dahlan Tomelo, S.Pd selaku Camat Kabila Bone mengaku maklum, mengingat sejumlah OPD masih melakukan perjalanan dinas mendampingi Bupati Hamim Pou ke Manado.

Meski begitu,  Musrenbang ini tetap berlangsung lancar dan sukses, dengan munculnya banyak usulan-usulan dari seluruh pemerintah desa se-Kecamatan Kabila Bone.

Usulan-usulan yang diajukan dalam Musrenbang  itu semuanya ditampung. Artinya, tidak semuanya disetujui karena harus berdasarkan pertimbangan dari Camat  Kabila  Bone,  Dahlan Tomelo, serta para OPD yang menaungi anggaran  secara selektif.

“Tidak serta-merta semua usulan ikut direalisasikan, harus dipilah usulan dan tetap akan ditampung,  namun semua tetap ada seleksi, dan memperhatikan prioritasnya,” jelas Camat Dahlan.

Beberapa usulan yang dinilai sebagai prioritas di antaranya: Desa Biluango, Jembatan Desa; Desa Botubarani, Penyediaan Air Bersih (PAB); Desa Olele, Pembukaan Jalan Lingkar; Desa Botutonuo, Peningkatan Jalan Lingkar Puskesmas,  sarana Olaharaga; Desa Moodelomo,  Abrasi Pantai; Desa Oluhuta, Pengadaan Tower; Desa Bintalahe,  Jalan Wisata; Desa Molutabu,  Jalan Akses Tani; Desa Huangabotu, Tanggul Penahan Tanah,  Pembangunan Riol; Kecamatan Kabila Bone,  Jalan Akses Kecamatan.

“Semoga saja semua usulan ini bisa dianggarkan,  karena semua dianggap penting, dan menjadi harapan masyarakat Kabila Bone,” ujar Camat Dahlan Tomelo. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

12.950 views

Next Post

Rekomendasi Ombudsman Diabaikan Polisi, Dua Aktivis Dikriminalisasi

Kam Feb 20 , 2020
DM1.CO.ID, JAKARTA: Menanggapi keterangan Pers yang disampaikan pihak Polda Metro Jaya terkait penangkapan dua tersangka pencemaran nama baik Rektor Unima melalui facebook, John Fredi Rumengan dan Devi Roni Siwij, pada Selasa sore (18/2/2020) di Polda Metro Jaya, pihak keluarga meminta wartawan dan media nasional memberitakan permasalahan tersebut secara berimbang. Komentar […]