Bappeda Boalemo Bertekat Sukseskan P2KH

DM1.CO.ID, TILAMUTA:  Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang dimunculkan oleh Pemerintah Pusat, saat ini sedang digencarkan pelaksanaannya di banyak daerah di tanah air. Salah satunya di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Secara khusus, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo pun menggelar acara Festival Kota Hijau yang dirangkai dengan acara Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) se-Kabupaten Boalemo, di lapangan Mekar-Desa Modelomo, Kecamatan Tilamuta-Kabupaten Boalemo, Jumat (2/12/2016).

Acara yang dibuka langsung oleh Plt Bupati Boalemo itu mengambil tema: “Ayo Menanam Pohon Untuk Sejuta Manfaat”, adalah merupakan penyelenggaraan yang dilakukan atas kerjasama Pemkab Boalemo melalui Bappeda dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta dengan Forum Komunitas Hijau Boalemo.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bappeda Boalemo, Ir.Rusdin Aminu,MM mengungkapkan, acara yang diselenggarakan tiga hari ini akan diisi dengan sejumlah kegiatan penting.

Di antaranya, penanaman pohon di bantaran Sungai Paguyaman bekerjasama dengan Balai DAS Provinsi Gorontalo, penanaman mangrov di pesisir Pantai Desa Bajo Kecamatan Tilamuta, lomba kesenian tradisional dana-dana yang diikuti oleh masing-masing desa, dan juga lomba mengarang puisi yang bertemakan lingkungan hidup.

Dikatakannya, dalam P2KH ini memiliki delapan atribut yang menjadi sasaran untuk dapat direalisasikan secara kerja nyata. Yakni, Green Design,Green Building,Green Open Source, Green Community, Green Water, Green Energy, Green Waste, dan Green Transportation. “Delapan atribut inilah yang merupakan simbol-simbol dalam rangka pelaksanaan kota hijau,” ujar Rusdin Aminu.

Kepala Bappeda Boalemo ini pun mengajak kepada semua pihak untuk sama-sama membangkitkan semangat dengan melakukan berbagai hal yang bermanfaat dalam menyuskseskan P2KH tersebut.

Sementara itu Ketua Forum Komunitas Hijau Boalemo, Ahmad Yessa Dimyati kepada DM1 mengaku sangat menyambut positif dan mengapreasi kepedulian besar dari Pemkab Boalemo yang telah menggelar acara seperti ini.

Karena maksud dan tujuan P2KH ini adalah untuk menciptakan kota dan daerah yang hijau dan bersih, peduli dengan lingkungan sehingga dapat tertata dengan baik, maka Yessa Dimyati sebagai elemen yang tergabung dalam Komunitas Hijau Boalemo sangat mengharapkan kepedulian Pemerintah terhadap lingkungan hidup bisa lebih ditingkatkan lagi.

(Kisman/DM1)
Komentar anda :

Muis Syam

0 views

Next Post

Wabup Gorontalo Ajak Lindungi Hak Penyandang Disabilitas

Sen Des 5 , 2016
DM1.CO.ID, LIMBOTO: Tanggal 3 Desember 2016 lalu adalah hari Disabilitas Internasional. Dan pada hari tersebut, tidak sedikit pihak yang memperingatinya dengan berbagai kegiatan. Salah satunya di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kabupaten Gorontalo. Komentar anda :