Hati-hati! Jalan Trans Sulawesi di Desa Sogu Rusak Parah, Pemkab Diminta Turun Tangan

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORUT: Bagi pengendara bermotor, khususnya roda empat, diimbau agar berhati-hati apabila ingin melintas di Jalan Trans Sulawesi (Molingkapoto-Tolinggula) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Pasalnya, kondisi aspal di sepanjang jalan tersebut, mengalami retak dan stripping serta distorsi yang diduga akibat erosi dari curah hujan.

Salah satu titik jalan yang mengalami kerusakan yang cukup parah terlihat di Desa Sogu, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara.

Kondisi kerusakan badan jalan sekitar 30 meter di desa itu tampak retak memanjang (longitudinal carcking) yang cukup parah. Bahkan permukaan terlihat berlubang menganga akibat menyusut turun ke bawah sekitar 20 Cm lebih.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan, sejumlah warga setempat berinisiatif menambal dengan tanah dan mengalas badan jalan dengan sejumlah kayu papan alakadarnya.

Inisiatif warga tersebut juga dilakukan agar kendaraan roda empat jenis SUV maupun sedan dapat tetap melintas. Sebab, jika tidak dilakukan antisipasi seperti itu,  dipastikan kendaraan roda empat yang berukuran pendek akan mengalami goresan di bagian bawah body.

Menurut salah seorang warga setempat, Momin Harun, kepada wartawan DM1 mengungkapkan, kondisi ini terjadi sekitar dua hari yang lalu saat hujan deras, yang mengakibatkan badan jalan tiba-tiba anjlok turun ke bawah.

Momin menceritakan, awalnya badan jalan itu hanya retak biasa. Namun, pada Selasa pagi (25/2/2020), sejumlah warga setempat dikejutkan dengan bunyi benturan gesekan dari salah satu mobil yang berusaha melintas, namun kandas di badan jalan yang rusak tersebut.

Mengetahui kejadian tersebut, Momin dan sejumlah warga pun spontan memberi pertolongan, hingga mobil itupun dapat melanjutkan perjalanannya.

Untuk mengantispasi kejadian yang tidak diharapkan, Momin bersama beberapa warga setempat pun tetap berdiri dan berjaga-jaga di badan jalan tersebut, yakni dengan memberi isyarat  bagi para pengendara yang melintas agar berhati-hati dan mengurangi kecepatan.

Upaya yang diperlihatkan oleh Momin dan kawan-kawan tersebut, tidak sia-sia. Sejumlah pengendara yang merasa terbantu, memberikan lembaran uang seikhlas dan seadanya kepada Momin dan beberapa warga yang ikut membantu.

Di tempat yang sama, salah seorang sopir angkutan penumpang, Opin Rahim, berharap kepada pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara melalui dinas terkait untuk segera turun tangan membenahi kondisi kerusakan jalan tersebut.

Begitupun dengan Adnan Mooduto, seorang sopir truk yang kerap melintas dengan muatan 5 hingga 8 Ton jagung, sangat memohon adanya perhatian serta keseriusan dari pihak pemerintah untuk segera memperbaiki kerusakan jalan  tersebut, agar tidak terjadi kecelakaan lalu-lintas. (yos/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: